4 Keuntungan Memakai Broker Untuk Transaksi Properti

Meski terlihat menguntungkan, tak bisa dipungkiri transaksi jual – beli rumah sangat menguras waktu dan pikiran.

Bahkan, seorang agen properti yang handal pun membutuhkan strategi khusus dan waktu beberapa bulan untuk mampu menjualkan rumah Anda.

Lantas, bagaimana dengan orang awam yang mungkin sama sekali tidak pernah memiliki pengalaman dalam bidang transaksi rumah? Tidak perlu khawatir. Karena, saat ini sudah banyak jasa broker atau jasa agen properti yang membantu urusan transaksi properti lebih gampang.

Apa saja keuntungan yang bisa diperoleh dengan memakai jasa broker? Berikut ini ulasannya. Mari kita simak.

1.Membantu mencarikan pembeli potensial

Berkecimpung di bidang properti bertahun – tahun, pastinya agen properti sudah memiliki jaringan yang luas untuk mencari pembeli yang ideal. Biasanya, berupa developer atau bahkan para pembeli yang memang ingin hunian baru yang nyaman.

Dengan jasa broker atau jasa agen properti cukup menyebutkan budget dan lokasinya, maka pihak broker yang akan mencarikannya untuk Anda.

Begitu juga ketika ingin menjual properti, Anda hanya tinggal duduk manis. Karena pihak jasa broker yang akan memasarkannya untuk Anda.

Hanya saja memang ada harga yang harus dibayarkan sebagai komisi. Besarannya pun sesuai kesepakatan di awal. Misalnya, 2 persen atau 3 persen dari total harga rumah.

2.Membantu pengurusan dokumen

Ini dia yang paling menyita waktu. Mengurus dokumen untuk melengkapi rumah yang akan dijual. Mulai dari surat pajak bumi dan bangunan, izin mendirikan bangunan, sertifikat kepemilikan dan lain – lain.

Untuk membalik nama atau menandatangani semua sertifikat dan akta, juga dibutuhkan jasa notaris dan PPAT.

Maka dari itu, akan lebih mudah jika mengurus surat-suratnya menyerahkan pada broker.

3.Memasarkan rumah

Menjual rumah tak semudah membalik telapak tangan. Selain harus rajin mempromosikan bahwa rumah kita dijual, dibutuhkan juga keterampilan bernegosiasi serta kesabaran.

Jasa broker akan membantu memasarkan rumah di berbagai media. Baik media cetak, situs – situs properti, hingga saling bertukar info dengan agen yang lain.

4.Menganalisa keuntungan

Dari segi properti, biasanya seorang jasa broker juga bisa menganalisa sejauh mana prospek sebuah rumah atau lahan.

Misalnya, lahan yang berada di tepi bantaran sungai cenderung akan lebih murah. Atau yang dekat dengan sutet bertegangan tinggi juga kurang disukai pembeli, dekat rel kereta api dan sebagainya.

Untuk menganalisa hal ini, jasa broker cukup lihai dan sensitif memonitor keuntungan dan kerugian sebelum menyarankan untuk membeli rumah atau tidak.

Ingin mencari jasa agen properti yang ideal untuk Anda atau memasang iklan propertis? Temukan solusi kebutuhan jasa Anda di situs jual jasa online, www.jual-jasa.com.