Ini Loh Cara Miliki Rumah yang Instagramable Tanpa Bikin Bangkrut

Siapa yang tidak ingin punya rumah kece dan layak pamer di Instagram. Namun biaya renovasi rumah yang sesuai keinginan sayangnya tidak murah. Terkadang dana yang dikeluarkan malah melebihi budget yang telah direncanakan. Nah, untuk merenovasi rumah menjadi lebih cantik tanpa membuat kantong jebol, simak beberapa tips berikut ini.

  • Membuat perencanaan

Langkah pertama untuk merenovasi rumah dengan biaya murah adalah membuat rencana anggaran biaya. Untuk perhitungan biaya secara detail dapat kamu tuangkan dalam RAB atau Rencana Anggaran Biaya. Dalam RAB, tercantum perhitungan rinci untuk upah, material dan biaya lainnya untuk keperluan renovasi. Jadi, dengan adanya RAB proses renovasi akan sesuai dengan yang telah ditetapkan dan menekan keinginan untuk melakukan renovasi secara impulsif.

  • Tentukan skala prioritas

Setelah rencana anggaran tersusun, kamu harus menentukan skala prioritas agar biaya renovasi rumah lebih terkendali. Menuruti kata hati atau permintaan tukang bisa-bisa biaya ludes sementara renovasi rumah baru setengah jalan.

  • Gunakan kembali bahan yang masih bisa dimanfaatkan

Reuse bahan yang masih bisa digunakan akan menghemat biaya renovasi rumah. Pilih bahan bangunan yang sekiranya masih dalam kondisi bagus untuk dimanfaatkan lagi, misalnya kusen pintu, genteng dan peralatan sanitasi. Gali kreativitasmu untuk membuat barang-barang bekas tersebut nampak seperti baru.

  • Belilah bahan bangunan sendiri

Belanja bahan bangunan sendiri akan lebih menghemat biaya karena tidak ada tambahan ongkos yang biasa dikenakan saat kamu meminta bantuan jasa orang lain. Dengan membeli sendiri bahan bangunan, kamu juga bisa memilih sesuai kualitas yang kamu inginkan.

Wah, langkah-langkah menyulap rumah menjadi spot-spot foto yang menawan tanpa bikin bangkrut ternyata cukup gampang dilakukan. Tapi jika kamu ingin mempercayakan renovasi rumah pada ahlinya, kamu bisa menggunakan layanan jasa renovasi rumah dari salah satu situs jual jasa yang kamu percaya. Yuk buat hidupmu lebih mudah dengan berbagai layanan jasa yang ditawarkan www.jual-jasa.com . Mau jasa WO, EO, konstruksi, pemasangan pipa air, service mobil dan lainnya,  situs jual jasa dapat kamu andalkan.