Ketahui 3 Penyebab Umum AC Bocor

Perangkat elektronik AC merupakan salah satu alat yang sangat penting di rumah atau kantor. Kondisi rumah menjadi lebih nyaman bagi sang penghuni karena AC yang terus mengkondisikan suhu ruangan. Tetapi, jika AC sudah bocor, air akan terus menetes dan membasahi area di bawahnya.

Tentu saja hal ini bisa berbahaya karena permukaan licin bisa membuat terpeleset.

Sebelum memanggil jasa service AC, kenali dulu 3 penyebab umum AC bocor berikut ya:

Instalasi pipa yang sudah berkarat

AC yang sudah dipakai bertahun – tahun tanpa perawatan yang jeli, maka tidak heran bila lapisan pipa AC lama kelamaan akan mulai aus, berkarat, dan terjadi kebocoran. Hal ini bisa diperbaiki dengan mengganti pembungkus pipa atau melapisi dengan lapisan anti karat dan anti bocor. Selain faktor uzur, AC juga bisa bocor karena ada kerusakan tertentu yang tak terduga. Jadi, harus segera diperiksa untuk memastikan kondisi pipa AC.

Instalasi AC kurang tepat

Pemasangan AC harus detail dan tepat untuk memaksimalkan seluruh fungsi – fungsi AC. Disarankan untuk memasang AC dengan condong agak ke belakang dan ke arah luar untuk memudahkan aliran air ke saluran pembuangan. Apabila, saluran ini terhambat atau justru berbalik arah, maka sangat wajar jika terjadi bocor atau air yang menetes terus menerus keluar dari mesin hingga membasahi lantai di area  bawah AC. Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan jasa service AC yang profesional.

AC kotor

Selain hal- hal yang sudah disebutkan di atas, kebocoran pada AC juga bisa terjadi karena adanya penumpukan kotoran. Seperti debu, atau benda lain yang membuat saluran pembuangan tersumbat dan menetes ke mana – mana. Bahkan, bisa juga merembet hingga kipas tak bisa berputar dan air yang tidak mengalir ke saluran pembuangan bisa menyebabkan munculnya jamur, atau korsleting yang dapat membahayakan keselamatan penghuni rumah.

Yang paling penting, udara yang dihasilkan AC justru akan bercampur dengan bakteri, mikroba, mikroorganisme atau cendawan yang bisa berbahaya untuk sistem pernapasan.

Nah, itu dia beberapa penyebab umum kenapa AC bisa bocor dan keluar air menetes dari dalam AC. Untuk mendapatkan jasa service AC yang handal, Anda bisa menemukan di situs jual beli jasa, www.jual-jasa.com. Cepat, mudah, dan praktis karena semua jasa yang Anda butuhkan dapat ditemukan dalam satu situs. www.jual-jasa.com situs penyedia layanan jual jasa online yang memudahkan kehidupan Anda.