Jangan Tunggu Rusak, Ini Alasan Mengapa AC Harus Dirawat Secara Rutin

Banyak orang yang mungkin menganggap AC tidak terlalu membutuhkan perawatan rutin. Pasalnya, AC hanya kadang – kadang saja dinyalakan. Atau karena tidak seperti perangkat elektronik lain yang dinyalakan terus menerus alias non stop. Untuk menghemat pemakaian listrik, ada sebagian orang yang menghidupkan AC dalam waktu beberapa jam saja.

Tak peduli sering atau tidak sering dipakai, tetap saja AC juga membutuhkan perawatan. AC berfungsi untuk mengondisikan suhu ruangan. Apabila kondisi mesin di dalam AC saja sudah kurang baik,bagaimana dengan kondisi udara yang disemburkan?

Bisa- bisa mengandung berbagai macam bakteri, kuman, mikroba, mikro organisme dan penyakit gangguan pernapasan lainnya.

Untuk menghindari risiko – risiko tersebut, berikut adalah penyebab mengapa AC harus dirawat secara rutin:

Bisa muncul jamur dan bakteri

Untuk menghasilkan udara yang segar dan sehat, AC harus dirawat secara teratur. Karena bagian dalam mesin AC bisa jadi sangat lembap sehingga mudah menjadi sarang cendawan atau jamur. Termasuk terkontaminasi bakteri dan kuman. Bahkan, di sisi – sisi permukaan dalam mesin AC juga bisa tumbuh lumut kehijauan karena kelembapan yang tinggi. Untuk menghasilkan udara bersih, kondensasi udara harus dibersihkan secara teratur.

Dapat menyebabkan alergi

AC yang jarang dibersihkan juga terkadang bisa menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang yang bekerja dalam ruangan ber-AC. Misalnya seperti influenza, radang tenggorokan, sakit kepala, hingga penyakit pernapasan seperti asma.

Maka dari itu, disarankan untuk selalu menjaga kebersihan AC karena AC yang bersih juga menghasilkan udara sekitar yang higienis dan baik untuk kesehatan. Sebaliknya, jika AC kita kotor dan berdebu, juga dapat memperparah udara yang dihirup sehari – hari.

Menimbulkan komponen berkarat

Paparan udara dingin yang terus menerus dari freon serta kondensasi udara yang dingin dapat menimbulkan korosi pada bagian komponen besi yang terdapat di dalam AC. Untuk menghindarinya, segera menghubungi jasa service AC atau teknisi AC yang profesional untuk membersihkan komponen – komponen di dalam AC.

Mengganggu pernapasan

Karena berhubungan langsung dengan udara di sekitar Anda, maka kondisi AC yang jarang dirawat dapat membuat sang penghuni memiliki gangguan pernapasan. Debu – debu atau kotoran di dalam mesin AC semakin menyembur ke mana – mana dan berpotensi menimbulkan penyakit atau gangguan pernapasan. Seperti TBC, asma atau radang tenggorokan.

Anda sedang mencari jasa service AC yang profesional dan handal? Kunjungi www.jual-jasa.com. Situs  jual jasa online yang menghubungkan konsumen dengan berbagai layanan jasa di sekitar Anda.