Rumah Aman, Meninggalkannya pun Bikin Hati Tetap Tenang

Lingkungan tempat tinggal sering menjadi target potensial pelaku criminal. Tidak hanya di kota besar, bahkan pedesaan pun juga berisiko mengalami tindakan pencurian atau perampokan. Apalagi jika kondisi rumah yang sering kosong sepanjang hari karena ditinggal bekerja. Jangan sampai kesempatan ini dimanfaatkan oleh orang-orang tak bertanggungjawab. Yuk, pastikan keamanan rumah dengan beberapa tips mudah berikut ini.

Kunci Pintu dan Jendela

Sebelum tidur atau meninggalkan rumah, pastikan menutup dan mengunci semua jendela dan pintu. Tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan ulang, agar memastikan kemanan rumah.

Memasang Alat Pengaman

Jika mengunci pintu dan jendela tidak membuat hati dan pikiran Anda tenang, lakukan pencegahan dengan menambahkan kunci maupun memasang gembok yang cukup kokoh. Apabila mempunyai bujet yang lebih besar, pertimbangkan untuk memasang alarm yang akan berbunyi ketika pintu atau jendela dibuka paksa.

Memasang Teralis

Jendela besar tanpa teralis akan memudahkan penjahat masuk ke dalam rumah kita. Pilih teralis dengan bahan yang cukup kuat tapi memiliki bentuk yang indah sehingga membuat rumah lebih cantik, tanpa memberikan kesan terlalu terkungkung.

Baca juga: Membangun Hunian Idaman, Jasa Arsitek Siap Membantu

Menyalakan Lampu

Kalau ingin meninggalkan rumah pada malam hari, jangan lupa untuk menyalakan lampu di dalam dan di sekitar rumah. Jika perlu, nyalakan televisi agar terlihat ada orang di dalam rumah dan mengecoh orang yang berniat jahat.

Pasang Kamera CCTV

Untuk rumah yang besar, tidak ada salahnya memasang kamera CCTV untuk memantau keadaan di sekitar rumah anda. Keadaan rumah pun bisa dipantau walaupun anda sedang bepergian.

Waspadai Orang Tidak Dikenal

Waspadai orang tidak dikenal yang datang ke rumah anda atau terlihat mondar-mandir di sekitar rumah. Jika ada pembantu di rumah, beri instruksi agar menelepon Anda terlebih dahulu sebelum memperbolehkan orang asing masuk, walaupun dia mengaku sebagai petugas resmi.

Simpan Barang Berharga

Simpanlah barang berharga seperti perhiasan atau uang pada tempat yang tidak akan diduga oleh penjahat. Bisa juga memanfaatkan jasa penyimpanan di bank untuk menyimpan barang berharga Anda.

Minta Bantuan Tetangga

Jika berencana pergi dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya menginformasikan hal tersebut pada tetangga kanan kiri atau ketua RT. Berikan informasi jika akan meninggalkan rumah dan meminta bantuan untuk ikut mengawasi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara-cara di atas diharapkan dapat mencegah perbuatan jahat di rumah Anda. Kalau ingin meningkatkan pengamanan di lingkungan rumah, ada baiknya menyewa jasa keamanan seperti yang bisa anda dapatkan di situs jual jasa ini. Rumah aman, meninggalkannya untuk beraktivitas pun jadi lebih tenang.