Cara Membeli Tanah Idaman yang Berharga dan Prestigious

Jasa Notaris PPAT – Membeli sebidang tanah, prosesnya tak semudah membeli barang – barang lainnya. Selain, nilai harganya yang fantastis, pengurusan administrasi juga harus komplit dan terkadang membutuhkan jangka waktu yang lama.

Sebelum membayar untuk membeli sebidang tanah, sebaiknya teliti kembali dengan detail dan cermat untuk menghindari terjadinya sengketa ataupun penipuan berbekal tips – tips berikut:

Periksa kondisi tanah

Datang langsung untuk melihat kontur tanah yang ideal untuk membangun rumah. Secara fisik juga perlu diukur tentang batas – batas lahan, ukuran kuas dan bentuk tanah.

Bawa serta tokoh yang ahli di bidang pertanahan dan tokoh desa setempat untuk menyesuaikan dan menjadi saksi penentuan batas tanah orang lain.

Bila bertujuan investasi, cek juga kondisi bebatuan atau lingkungan sekitar. Apakah daerah pegunungan, pantai, sungai, atau di dekat sutet yang bertegangan tinggi. Karena umumnya, pihak developer kurang begitu suka mengambil tanah yang berisiko bencana alam atau tegangan listrik sutet.

Kelengkapan surat tanah

Cek kondisi surat tanah dan cocokkan dengan kondisi fisik di lapangan. Luas tanah, lokasi atau letak posisi tanah, dan nama pemilik tanah tersebut harus tertera dengan jelas. Jika ada perbedaan maka tidak ada salahnya memastikan kembali ke badan pertanahan. Atau pun dapat mendatangi langsung ke ahli waris.

Pakai jasa notaris PPAT

Selama proses jual beli atau transaksi tanah berlangsung, sebaiknya calon pembeli jangan ragu untuk mengeluarkan ongkos dalam menyewa jasa notaris PPAT. Pasalnya, menyerahkan urusan proses jual beli tanah kepada ahlinya akan membantu dalam efisiensi waktu.

Biasanya, pihak jasa notaris PPAT yang akan membantu memeriksa ulang segala kelengkapan dokumen dan surat – surat tanah secara resmi. Apakah ada yang tidak sesuai dengan data yang tertulis dengan kondisi tanah secara fisik di lapangan. Apabila ada kendala dalam kelengkapan surat, pihak jasa notaris yang akan menyelesaikan ke badan pertanahan. Demikian sebaliknya, apabila seluruh tanah surat – surat secara resmi sudah lengkap maka bisa dilanjutkan proses jual belinya.

Baca juga: Mau Jual Rumah Cepat Laku, Ini Tips Sukses Dari Jasa Agen Properti

Surat AJB dan balik nama

Selain membantu pengurusan untuk memeriksa surat – surat dan dokumen tanah, jasa notaris PPAT juga membantu untuk mengurus surat AJB. Untuk transaksi jual beli tanah, pihak penjual biasanya diminta untuk menyediakan surat pembayaran Pajak Bumi Bangunan, sertifikat tanah, IMB dan surat – surat lain yang dibutuhkan.

***

Tidak masalah mengeluarkan ongkos untuk pihak jasa notaris PPAT, agar langkah Anda untuk mendapatkan properti sebagai investasi prospek di masa depan lebih gampang prosesnya. Untuk mencari jasa notaris PPAT, selain meminta referensi teman atau saudara, Anda juga bisa mencari melaluui situs jual beli jasa online, seperti www.jual-jasa.com. Lebih praktis dan mudah diakses kapan saja.