Fakta Mengejutkan Mencuci Baju yang Perlu Diketahui

Setiap hari, manusia pasti berurusan dengan tugas mencuci baju. Wajar ya, pasalnya baju juga butuh perawatan dan pembersihan agar tetap awet seperti baru.

Sekalipun saat ini sudah banyak jasa laundry dan jasa cuci setrika panggilan, akan tetapi dari fakta yang ada. Masyarakat juga tak sedikit yang lebih memilih mencuci bajunya sendiri. Selain menghemat uang pengeluaran bulanan, di rumah juga sudah tersedia mesin cuci sendiri. Jadi, urusan mencuci baju bisa lebih gampang kapan saja.

Yang paling penting dalam mencuci baju adalah memperhatikan jenis bahan material dan deterjen. Serta ada beberapa jenis pakaian yang tidak bagus bila dicuci terlalu sering seperti jeans. Nah, berikut ini untuk membantu memudahkan urusan mencuci baju, ketahui dulu yuk fakta – fakta mengejutkan mencuci baju yang mungkin Anda belum mengetahuinya:

1. Kebanyakan orang tak memisahkan sesuai warna pakaian

Kalau tak ingin pakaian warnanya cepat memudar, sebaiknya pisahkan antara jenis pakaian berwarna terang dan gelap. Selain mencegah warna pakaian melunturi pakaian putih, hal ini juga menjaga warna pakaian tetap awet seperti aslinya.

Pakaian yang masih baru juga sebaiknya dicuci terpisah karena berpotensi menyebabkan kelunturan pada baju – baju yang lain terutama yang warna putih atau terang.

Pisahkan juga celana jeans dengan jenis pakaian lain agar proses pembersihan bisa lebih maksimal. Setelah dicuci, jangan lupa membalik pakaian saat dijemur agar warnanya tetap cemerlang ya.

2. Jumlah deterjen yang banyak belum tentu bersih

Semakin banyak busa yang berlimpah konon bisa membersihkan noda pakaian. Tapi hal ini tak sepenuhnya benar. Karena terlalu banyak busa justru membuat pakaian lebih sulit dibilas dan bisa menimbulkan reaksi alergi pada kulit yang sensitif.

Bukannya makin bersih, malah terjadi reaksi alergi kulit. Tentu Anda tak ingin hal ini terjadi, kan? Sebaiknya gunakan saja tutup botol atau sendok takar deterjen agar lebih mudah menakar sesuai kebutuhan mencuci baju.

3.Pelembut pakaian dapat mengurangi daya serap handuk

Fungsi handuk yang paling utama adalah mengeringkan tubuh setelah mandi. Semakin cepat menyerap air, maka handuk akan semakin berkualitas dan bagus. Maka, tidak sedikit orang yang lantas menambahkan pelembut pakaian pada handuk. Padahal, kalau berlebihan, pelembut dapat mengurangi daya serap handuk. Karena akan melapisi serat kain. Sebaiknya, gunakan saja secukupnya sesuai aturan.

Cucian menumpuk tapi tak punya waktu mencuci baju? Tenang saja. Anda bisa menggunakan jasa cuci setrika yang bisa dipanggil ke rumah. Situs jual beli jasa, www.jual-jasa.com membantu menghubungkan konsumen dengan berbagai layanan jasa sesuai kebutuhan.