Jangan Sampai Renovasi Rumah Menguras Kantong, Ikuti Tips-Tips Hemat Ini

Rumah mulai mengalami kerusakan di sana-sini atau tampak kusam? Mungkin ini saat yang tepat untuk melakukan renovasi rumah, apalagi jika dana yang dibutuhkan sudah tersedia. Tapi, jangan sampai biaya yang dikeluarkan malah melebihi bujet yang dimiliki. Oleh karena itu, pahami beberapa tips berikut ini yang dapat memperbaiki rumah dengan biaya terjangkau namun hasilnya tetap maksimal.

Mengatur Skala Prioritas

Sebelum membuat perencanaan, Anda harus memiliki skala prioritas. Dengan cara ini, Anda bisa menentukan mana renovasi bagian rumah yang didahulukan, misalnya dinding yang mulai ada retak atau atap bocor, tentunya lebih penting daripada melakukan pengecatan dinding rumah. Anda jadi lebih fokus dalam menyelesaikan perbaikan rumah dan menghindari biaya pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan.

Menghitung Rencana Pengeluaran

Sebelum memulai renovasi rumah, Anda perlu menghitung rencana pengeluaran yang bisa dilakukan sendiri, atau berkonsultasi dengan ahlinya. Di sini, perhatikan jenis pekerjaan yang dilakukan, menghitung upah pekerja, hingga memperkirakan material apa saja yang akan dipakai. Ketelitian dan pengalaman sangat diperlukan, agar pengeluaran yang nantinya terjadi tidak melebihi anggaran yang dimiliki.

Menggunakan Bahan Bekas yang masih Bisa Digunakan

Tidak perlu gengsi menggunakan kembali bahan yang masih bagus untuk menghemat biaya renovasi. Mulai dari pintu, jendela, genteng, hingga peralatan sanitasi. Apalagi kini sedang tren reuse yang dipoles hingga tampak seperti baru. Pintu misalnya dapat dicat ulang atau dipoles dengan vernis agar tampak cantik. Begitu juga dengan marmer bekas yang sayang jika dibuang, gunakan saja untuk mempercantik bangunan atau interior rumah.

Baca juga: Tak Sempat Bersihkan Rumah Usai Banjir, Sewa Jasa Cleaning Service Berkualitas

Survei Bahan Bangunan

Setelah menyusun skala prioritas dan anggaran renovasi rumah sudah di tangan, ini saatnya untuk melakukan survei bahan bangunan. Walau bisa meminta kontraktor atau tukang untuk memilih dan membeli material, tidak ada salahnya Anda membekali diri dengan pengetahuan ini.

Belanja bahan bangunan juga bisa jadi pengalaman yang menyenangkan. Lakukan survei dari toko yang satu ke yang lain, atau produk yang sama dengan harga dan kualitas yang berbeda. Hati-hati tergoda membeli barang-barang yang tidak diperlukan ya, jadi sebaiknya mengajak orang lain untuk mengingatkan Anda pada rencana awal.

Memilih Jasa Renovasi Bangunan

Tidak memiliki keahlian dan pengalaman tentunya akan menyusahkan diri sendiri saat nekat merenovasi rumah. Serahkan pada kontraktor atau tukang bangunan yang dipercaya dapat mewujudkan keinginanmu. Selain itu, cari jasa kontraktor atau tukang yang teliti, jujur, dan profesional, sehingga biaya yang dikeluarkan sesuai dengan hasil renovasi yang didapatkan.

Mencari orang-orang yang akan merenovasi rumah memang gampang-gampang susah. Jangan bingung, cari saja di iklan jual jasa yang menawarkan berbagai jasa profesional.