Makin Gemas! Begini Caranya Agar Bulu Anjing Lebat dan Halus

Memelihara anjing dipercaya dapat mengurangi kadar stres sehingga baik bagi kesehatan. Tapi merawat, terutama menjaga kesehatan dan keindahan bulunya memang diperlukan usaha ekstra, terutama pada anjing yang berbulu panjang dan lebat. Tidak perlu khawatir, ikuti saja beberapa tips berikut ini agar si guguk kesayangan seperti baru saja keluar dari salon binatang.

Bedak Bayi

Bulu anjing sering tampak kusut, rahasianya cukup mudah. Taburkan saja bedak bayi pada bulu anjing yang menggumpal sehingga Anda dapat menyisirnya dengan mudah. Plus, anjing Anda akan berbau harum sepanjang hari.

Memangkas Rambut di Sekitar Cakar

Salah satu hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk merawat anjing kesayangan adalah dengan memangkas rambut di tapak kakinya. Selain membuatnya dapat berjalan dengan lebih mudah di atas lantai yang licin tanpa terpeleset bulunya sendiri, cara ini juga membuat badannya lebih bersih saat berada di luar ruangan. Gunakan gunting untuk menghilangkan bulu-bulu di sekitar bantalan tapak kaki hingga rapi.

Gunakan Sikat yang Tepat

Pastikan menggunakan sisir sikat yang tepat untuk merapikan bulu binatang peliharaan Anda. Untuk yang berambut pendek, gunakan sisir pendek, sedangkan yang berambut sedang dan mengembang, gunakan double atau single rake untuk menghilangkan lapisan kulit mati. Begitu juga untuk yang berambut panjang, gunakan double rake, straight comb, dan sisir bergigi lebar untuk wajahnya.

Baca juga: Tak Sempat Bersihkan Rumah Usai Banjir, Sewa Jasa Cleaning Service Berkualitas

Pilih sampo dan Kondisioner yang Sesuai

Seperti manusia, anjing pun perlu dicuci rambutnya dengan menggunakan sampo dan kondisioner yang diformulasikan khusus. Hindari menggunakan produk sampo untuk manusia karena bisa membuat bulu anjing kasar dan beracun jika tertelan. Jangan lupa bicarakan pada dokter hewan jika anjing memiliki alergi atau kondisi kulit yang sensitif.

Bilas hingga Bersih

Pastikan Anda membilas sampo dan kondisioner hingga bersih saat memandikan anjing kesayangan. Sisa sabun yang tertinggal dapat mengiritasi kulitnya dan menimbulkan berbagai masalah, seperti kulit kering, mengelupas, hingga gatal.

Potong Kuku Secara Teratur

Sebagian besar pemilik anjing membiarkan kukunya terlalu lama tidak dipotong. Padahal rata-rata kuku harus dipangkas setiap 3-4 minggu. Kukunya seharusnya tidak menyentuh tanah, tapi jika mendengar suara setiap kali anjing berjalan pada permukaan keras, mungkin Anda terlalu berlebihan saat memangkasnya.

Jaga Peralatan Tetap Bersih

Setelah setiap penggunaan, bersihkan sikat, sisir, dan gunting kuku. Hal ini akan mencegah anjing Anda terkena penyakit kulit maupun bakteri yang tumbuh di peralatan.

Memang cukup menyita waktu dan perhatian ya, jika Anda tidak memiliki kesempatan melakukannya sendiri, bisa menggunakan jasa grooming yang dapat dipanggil ke rumah. Cukup cari yang berkualitas dan terpercaya di jual jasa online. Selamat mencoba!