Pentingnya Keberadaan CCTV Pada Perusahaan

Pernah mendapati keberadaan kamera pengawas di kantor atau tempat kerja? Bukan untuk menakut-nakuti karyawan, tapi Closed Circuit Television atau CCTV memiliki banyak manfaat. Yuk, simak apa saja manfaat pemasangan kamera CCTV di tempat kerja, untuk tahu fungsi optimalnya.

Memantau Area Kerja

Area kerja yang luas akan sangat terbantu dengan adanya CCTV sebagai alat pengawas, terutama bagi para petugas keamanan. Mata manusia tentu tidak bisa mencakup seluruh area secara keseluruhan.

Oleh karena itu diperlukan alat bantu berupa CCTV, untuk memantau kegiatan yang mungkin terlewat oleh mata pengawas. Dengan CCTV, pengawas keamanan dapat memantau dari masing-masing area yang berbeda dari monitor-monitor yang bisa diamati dalam waktu bersamaan.

Mendorong Kinerja Pegawai

Dengan pemasangan CCTV pada area kerja, produktivitas pegawai cenderung meningkat karena merasa ada orang yang mengawasi aktivitas sepanjang hari.  Karena sadar bahwa mereka sedang diawasi, biasanya kebanyakan orang memilih untuk bekerja secara optimal dan tidak membuang-buang waktu.

Pegawai akan lebih fokus pada pekerjaan mereka dan tidak banyak menghabiskan waktu untuk bersantai. Para atasan pun dapat melihat dengan lebih detil, mana pegawai yang punya etika kerja lebih baik dan memberikan sumbangsih pada tempat kerja.

Baca juga: Tips Menjual Cepat Aset Properti Anda Dengan Harga Tinggi

Mencegah Kriminaliltas

Pada masa kini, pelaku kriminal biasa untuk melakukan penelitian terlebih dahulu terhadap lokasi target kejahatan mereka. CCTV menjadi salah satu yang mereka cari dan biasanya membuat para penjahat ini berpikir ulang untuk melaksanakan aksinya. Gerak-gerik mencurigakan bisa dipantau oleh petugas keamanan dan mencegah tindak kejahatan sebelum terjadi.

Barang Bukti Penting ApabilaTerjadi Kejahatan

Rekaman CCTV sangat berguna sebagai bukti penting yang mendukung, apabila telah terjadi tindak kejahatan di lingkungan perusahaan. Hal-hal yang tertangkap kamera ini dapat digunakan untuk membuktikan pelaku tindak kejahatan atau membuktikan suatu kebohongan.

Melindungi Aset Perusahaan

Bagi sebuah perusahaan, seluruh aset sekecil apapun nilainya, baik aspek fisik maupun non-fisik, akan sangat berharga. Dengan adanya CCTV, hal ini dapat menjadi salah satu bentuk perlindungan terhadap aset-aset tersebut. Paling tidak apabila terjadi kehilangan atau kerusakan terhadap salah satu atau beberapa aset dalam perusahaan, bisa dipantau dan melihat kejadian yang sebenarnya.

Pemasangan CCTV lebih baik dilakukan oleh tenaga ahli profesional agar dapat berfungsi secara optimal. Di situs jual jasa ini, Anda dapat menemukan provider pemasangan CCTV yang dapat disesuaikan dengan bujet, keinginan, atau luas area yang ingin diawasi.