Saatnya Menyewa Kantor Ketika Bisnis Mulai Berkembang

Memiliki bisnis sendiri dan mulai berkembang terkadang membutuhkan area yang lebih luas. Selain untuk menampung lebih banyak karyawan, juga menjadi tempat produksi maupun membuat lingkungan kerja jadi makin produktif. Jika belum punya dana lebih untuk membeli ruang kantor baru, ada baiknya mempertimbangkan untuk menyewanya. Sebelumnya, perhatikan beberapa tips berikut ini.

Lokasi Mudah Diakses

Jika kantor baru ini akan difungsikan sebagai tempat bekerja bersama tim, maka akan lebih baik mencari lokasi yang dekat dan mudah diakses oleh seluruh anggota tim. Lokasi yang strategis tidak hanya berpengaruh pada kinerja para pekerja, tapi juga memudahkan calon klien atau pembeli untuk datang.

Menetapkan Anggaran

Setelah memilih lokasi yang pas, maka masalah harga akan menjadi perhatian Anda selanjutnya. Jangan hanya ingin memiliki citra usaha yang mentereng dan sukses, Anda nekat menyewa kantor dengan harga sewa yang cukup mencekik. Sebaiknya, pilih tempat yang sewanya lebih terjangkau, sehingga tidak akan membebani pengeluaran.

Baca juga: Cara Memilih Jasa Baby Sitter yang Sayang Anak Seperti Anak Sendiri

Lihat Fasilitas di Sekitar Kantor

Pertimbangkan pula fasilitas yang ada di sekitar lokasi kantor yang Anda incar. Apakah terdapat tempat makan atau kafe yang juga bisa menjadi tempat pertemuan dengan klien anda, hingga memperhitungkan kapasitas parkir yang ada. Perhatikan juga bagaimana keamanan di daerah tersebut apakah terjaga dengan baik atau mengkhawatirkan, sehingga terpaksa mengeluarkan uang tambahan untuk biaya keamanan maupun asuransi.

Perjelas Kontrak Sewa

Isi kontrak sewa biasanya dituangkan dalam bentuk berlembar-lembar perjanjian. Walau cukup panjang, pastikan untuk membacanya dengan teliti dan memahami seluruh isi dari perjanjian sewa menyewa dengan baik. Jangan sampai menyetujui hal-hal yang ternyata berbalik merugikan atau membebani pengeluaran. Tanyakan apabila ada pasal yang tidak jelas atau kurang sreg, sebelum terlanjur menandatanganinya.

Ketahui Tentang Perbaikan dan Perubahan

Kantor yang disewa biasanya tetap membutuhkan perbaikan dalam jangka panjang. Rundingkan dengan pemilik area kantor mengenai tanggung jawab perbaikan yang bergantung dari besar kecilnya kerusakan. Tanyakan pula batasan dalam mengubah area kantor untuk menyesuaikan kebutuhan area kerja Anda.

HItung Masa Sewa dan Syarat Pemberhentian Kontrak Lebih Awal

Selain biaya dan syarat yang tercantum dalam perjanjian sewa, Anda juga wajib mengetahui masa sewa yang diberikan. Jangan sampai kurang atau melebihi, karena dapat berdampak pada pelanggaran kontrak yang telah dibuat. Tanyakan juga apakah diperbolehkan untuk melakukan pemberhentian sewa sebelum waktunya, jika sewaktu-waktu harus pindah.

Kunjungi situs jual jasa online, di mana Anda dapat menemukan jasa penyewaan ruang kantor, yang akan membantu memilihkan area kantor yang tepat untuk usaha Anda.