Tips Aman dan Praktis Mengirim Makanan Tanpa Risiko Rusak

Pernah mengalami kesulitan mengirim makanan? Baik memiliki usaha makanan maupun sekadar berbagi oleh-oleh untuk teman atau keluarga di luar kota, urusan mengemas makanan bisa jadi cukup merepotkan. Agar makanan yang dikirim tetap awet dan bebas dari risiko kerusakan, perhatikan beberapa trik berikut ini.

Kue Kering

Kue kering memang memiliki tekstur rapuh dan renyah, sehingga sangat rentan hancur. Mulailah dengan memilih kemasan yang kedap udara dan cukup kuat, misalnya toples mika yang direkatkan sekelilingnya dengan isolasi. Susun kue dalam kemasan serapat mungkin sehingga tidak ada ruang yang memicu kue hancur.

Untuk pengamanan ekstra, balut setiap toples dengan bubblewrap dan isolasi, lalu alasi bagian dalamnya dengan koran yang diremas-remas. Jangan lupa tambahkan styrofoam di antara toples untuk menghindari benturan keras.. Tutup dan isolasi kardus hingga tertutup rapat, lalu tempelkan stiker khusus yang meminta jasa pengiriman untuk berhati-hati dalam memperlakukannya.

Bolu, Brownies, dan Kue Basah Lainnya

Jenis kue basah, bolu, dan brownies memang memiliki daya simpan yang tidak terlalu panjang, sehingga rentan mengalami kerusakan saat tiba di tempat tujua. Begitu juga dengan teksturnya yang mudah rusak, membuat Anda harus berhati-hati dalam mengemasnya.

Pilih kemasan kardus atau mika plastik untuk meletakkan kue, dan lapisi kembali dengan kardus atau karton yang kokoh, sehingga bagian luarnya tidak mudah rusak walau ditumpuk barang-barang lainnya. Gunakan layanan pengiriman cepat yang memastikan paket kue segera dapat dikirim ke tempat tujuan, untuk menghindari kue berubah basi.

Makanan Berbentuk Cair

Kaldu, saus, atau sambal tidak hanya rentan rusak, tapi juga berisiko bocor karena terlalu lama di perjalanan. Bungkus dalam kemasan plastik yang rapat dan ulangi sekali lagi untuk melindunginya dari kerusakan. Lebih baik hindari menggunakan kaca atau kardus yang lebih berisiko bocor di perjalanan.

Baca juga: Kamar Kost Berantakan, Jasa Cleaning Service Siap Dihubungi Kapan Saja

Makanan Beku

Usaha makanan beku atau frozen food memang tengah naik daun. Selain banyak yang menginginkan makanan yang praktis dan sehat, harganya pun cukup terjangkau. Tidak heran jika Anda terkadang harus mengirimkan pesanan makanan melalui jasa pengiriman. Agar tidak mengalami kerusakan, selain memilih jasa pengiriman yang menjanjikan sehari sampai, Anda juga dapat menjaganya tetap beku dengan mengemas rapat produk dan menambahkan blue ice agar kondisinya tetap segar.

Untuk alternatif yang lebih murah daripada dry atau blue ice, Anda bisa membuat gel beku dengan bahan yang terjangkau, yaitu tepung tapioka dan garam yang dimasak hingga mengental, lalu menambahkan cuka dan memasukkan dalam kantong plastik kecil.

Selain tips di atas, yang perlu diingat adalah kecermatan memilih jasa pengiriman yang ada dalam iklan jual jasa. Terpercaya dan profesional, percayakan saja pada vendor yang terdaftar.