Tips Muluskan Liburan Pertama Kali ke Luar Negeri

Traveling ke luar negeri kini bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Dengan mudah Anda dapat menemukan tiket murah sampai detil informasi perjalanan ditawarkan untuk yang ingin mencari suasana dan pengalaman baru selama liburan. Hal ini juga berimbas pada biaya yang semakin murah untuk mengunjungi negara lain.

Tapi buat Anda yang baru pertama kali memutuskan mengunjungi negara lain, tentunya diliputi oleh perasaan cemas dan was-was. Tenang, tips-tips berikut akan membantu memuluskan liburan Anda ke luar negeri.

Siapkan Paspor

Hal pertama yang wajib disiapkan sebelum terbang ke negara lain adalah dokumen pribadi seperti paspor. Biasanya dokumen ini sudah cukup dijadikan pegangan, tapi tidak ada salahnya membawa KTP untuk berjaga-jaga, terutama jika ada risiko kehilangan atau hambatan lainnya.

Untuk mengurus paspor, kini ada layanan online yang memudahkan Anda untuk mendapatkannya. Tapi tidak ada salanya untuk menyiapkannya jauh-jauh hari, minimal 3 bulan sebelum keberangkatan, karena terkadang ada maskapai penerbangan yang menjadikan paspor sebagai salah satu syarat memesan tiket pesawat.

Mengurus Visa

Setelah paspor sudah siap, cek apakah Anda membutuhkan visa untuk memasuki negara tujuan. Tidak semua pengajuan visa diterima dengan banyaknya syarat yang harus dipenuhi. Untuk menghindarinya, pastikan segala persyaratan sudah diikuti, atau pilih negara-negara bebas visa, seperti yang tergabung dalam ASEAN sebagai tujuan liburan.

Baca juga: Bagi Ibu Bekerja, Ini Trik Spesial Memakai Jasa Baby Sitter

Berburu Tiket Promo

Kemunculan beberapa maskapai penerbangan yang menawarkan tiket murah akan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Tapi biasanya  promo menarik ini  dijual jauh-jauh hari, minimal 6 bulan atau bahkan 1 tahun sebelum tanggal keberangkatan. Jadi pastikan Anda bisa mengatur jadwal liburan, agar tidak berbenturan dengan pekerjaan atau sekolah.

Menukarkan Uang

Setiap negara kebanyakan memiliki mata uang yang berbeda. Untuk berbelanja, membayar transportasi, atau akomodasi lainnya, segera tukarkan mata uang lokal ke mata uang nagara tujuanmu. Jangan sampai terkecoh tempat penukaran uang yang abal-abal dan memberikan kurs yang membuatmu rugi. Pilih yang berada di area bandara atau bank terpercaya.

Pelajari Bahasa Asing Secukupnya

Seringkali hambatan bahasa membuatmu urung melakukan liburan di luar negeri. Tidak ada salahnya mempelajari beberapa kosa kata umum dalam bahasa asing. Sapaan, kata tanya, penunjuk arah, dan lokasi penting seperti toilet atau stasiun adalah beberapa kata wajib yang perlu dipahami.

Nah, kalau Anda tidak ingin kerepotan menyiapkan segala hal dan takut tersesat saat liburan ke luar negeri, ada baiknya menyewa jasa guide. Coba cek situs jual jasa online siapa tahu Anda menemukan pemandu wisata yang cocok dan memberikan pengalaman liburan tak terlupakan.